Blair Kepergok Naik Kereta Tanpa Bayar

London, BC – Mantan Perdana Menteri (PM) Inggris, Tony Blair, tampaknya lagi berjuang mengatasi post-power syndrome (kebiasaan buruk mantan pejabat). Kendati sudah tidak lagi berkuasa, Blair pikir masih bisa bebas menggunakan fasilitas umum tanpa bayar. Namun, mantan PM yang pernah berkuasa selama sepuluh tahun di Inggris tersebut tak bisa berkutik saat ketahuan naik kereta api tanpa beli tiket. Alasannya, dia sedang tidak bawa duit. Padahal, sejak pensiun Juni tahun lalu, Blair sudah mendapat bayaran sekitar 500.000 pound sterling (sekitar Rp 9,12 miliar) dari hasil berceramah di sana-sini.

Peristiwa memalukan yang menimpa Blair tersebut terjadi Senin (21/4) saat menumpang kereta dari Kota London menuju bandar udara Heathrow untuk terbang ke Amerika Serikat (AS). Namun, seperti diungkapkan surat kabar Daily Mail, Blair tidak membeli tiket seharga 24,5 pound sterling (Rp 446.950) di stasiun melainkan langsung masuk ke kereta. Di tengah perjalanan, Blair pun kena batunya ketika ditagih oleh petugas pemeriksa karcis.

Mantan pemimpin berusia 54 tahun tersebut mengaku bahwa dia sebenarnya sudah dikasih uang tiket oleh asistennya, tapi entah mengapa sudah tak ada lagi di kantong baju. Seperti diungkapkan juru bicaranya kepada Daily Mail, seorang pengawal Blair bermaksud menalangi ongkos tiket bagi majikannya tersebut. Namun, petugas pemeriksa karcis akhirnya membiarkan Blair menumpang kereta tanpa bayar. Sampai berita ini diturunkan, juru bicara Blair tidak bisa dihubungi kantor berita AFP untuk mengonfirmasi kabar tersebut.

Tidak ada komentar: