Microsoft Batal Beli Yahoo

San Fransisco, BC - Microsoft Corporation memutuskan menarik tawaran pembelian setelah Yahoo Incorporation menyatakan tidak akan dijual kurang dari US$ 37 per saham. Microsoft tidak ingin membayar lebih dari US$ 33 per saham.

Keputusan Microsoft menarik tawarannya senilai US$ 42,3 miliar untuk membeli Yahoo terungkap Sabtu pekan lalu.
Keputusan untuk tidak lagi berminat pada Yahoo muncul setelah upaya terakhir untuk merundingkan harga jual yang dapat diterima kedua pihak terbukti tidak berhasil.
Pembicaraan gagal setelah CEO Jerry Yang dan David Filo, pendiri Yahoo yang berbasis di Sunnyvale, terbang ke Seattle untuk bertemu secara pribadi dengan CEO Microsoft Steve Ballmer dan Kevin Johnson, yang mengoperasikan divisi layanan online yang kurang menguntungkan dari produsen perangkat lunak itu, menurut sumber yang dekat pembicaraan itu.
“Jelas kesepakatan tidak tercapai,” tulis Ballmer kepada Yang dalam sebuah surat yang dikirimkan Sabtu malam waktu setempat.
Microsoft mau membayar US$ 47,5 miliar atau US$ 33 per saham, lebih tinggi dari nilai tawaran sebelumnya US$ 29,40 per saham, menurut surat Ballmer.
Namun, Direksi Yahoo meminta sedikitnya US$ 53 miliar atau US$ 37 per saham, menurut Ballmer. Angka ini akan mendekati dua kali lipat dari harga saham Yahoo US$ 19,18 per saham pada saat Microsoft pertama kali melakukan penawaran tiga bulan lalu.
Yang, yang menjadi CEO Yahoo 11 bulan lalu, menginginkan US$ 38 per saham dalam pertemuan Rabu, menurut sebuah sumber. Pertemuan itu digelar sehari setelah Yang dan Chairman Yahoo Roy Bostock menelepon meminta Microsoft tidak menarik tawarannya, kata sumber tadi.
Dalam pernyataan Sabtu, Bostock menyatakan kembali bahwa Microsoft memberi nilai di bawah aset perusahaannya.
“Kami tetap fokus untuk memaksimalkan nilai pemegang saham dan meraih kesempatan strategis yang memosisikan Yahoo untuk sukses dan memimpin pasarnya,” kata Bostock.
Akhir antiklimaks ini muncul seperti kejutan, memberi keyakinan pada banyak analis bahwa Microsoft ingin menutup kesepakatan untuk meraih pengambilalihan yang tidak bersahabat – sebuah manuver berisiko yang dapat mensyaratkan suatu upaya untuk mengganti Direksi Yahoo yang mendorong penolakan tawaran itu.
Meski telah mengancam pengambilalihan tidak bersahabat bulan lalu, Ballmer mengatakan ia menyimpulkan ganjaran pertempuran itu “tidak masuk akal.”

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://www.infogue.com/
http://microsoft.infogue.com/microsoft_batal_membeli_yahoo

anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!