PKS Buka Diri Usung Capres dari Luar

Jakarta, BC - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan tengah menginventarisir sejumlah calon presiden untuk diusung dalam Pilpres 2009. PKS juga menyatakan siap bekerja sama dengan kekuatan politik manapun asalkan semangat dan tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Selain mempersiapkan diri menyongsong Pemilu untuk kemenangan partai, kami saat ini juga tengah menginventarisir sejumlah nama sebagai capres pada 2009. Calon itu tidak harus dari kalangan internal partai, ia bisa berasal dari latar belakang politik apapun,” ujar Ketua Majelis Syuro PKS KH Hilmy Aminuddin dalam sambutannya pada peringatan Milad PKS ke-10 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (5/4).

Dalam peringatan milad PKS ke-10 kemarin, selain Presiden Yudhoyono, turut hadir sejumlah tokoh yang telah mendeklarasikan maupun disebut akan mencalonkan dirinya sebagai presiden dalam Pilpres 2009, yaitu Akbar Tandjung, Wiranto, dan Sutiyoso.
Hilmy mengatakan PKS memang sengaja mengundang para tokoh baik yang telah mendeklarasikan diri sebagai capres maupun yang disebut-sebut akan maju dalam Pilpres 2009.

Presiden PKS Tifatul Sembiring menambahkan, pada Pemilu legislatif 2009 nanti PKS menargetkan akan mendapat 20 persen suara. Menjelang masa kampanye tanggal 8 Juli 2008, Tifatul mengimbau agar kader PKS jangan sampai terprovokasi dan meraih kemenangan harus dengan cara-cara yang elegan dan terpuji.

Mempertimbangkan
Tawaran PKS ini mendapat sinyal positif dari Akbar Tandjung maupun Sutiyoso. Akbar Tandjung menyatakan sebagai kader Golkar tentu saja ia memprioritaskan untuk mencalonkan diri sebagai capres melalui konvensi Partai Golkar. Namun, jika Partai Golkar menutup peluang, dirinya akan melalui mekanisme lain, seperti mempertimbangkan tawaran dari partai lain.

“Ya tentu akan saya pertimbangkan. Akan saya pertimbangkan kalau seandainya mekanisme Partai Golkar tidak memungkinkan, tentu akan saya pertimbangkan melalui mekanisme partai-partai lain,” kata Akbar usai mengadiri peringatan Milad PKS ke-10.
Akbar menilai, jika PKS membuka kesempatan untuk mengusung capres dari luar PKS, ini merupakan satu kemajuan dari PKS yang membuktikan PKS telah menjadi partai yang terbuka kepada siapa saja yang memiliki keterpanggilan untuk menjadi capres melalui PKS.

Sementara itu, Sutiyoso mengaku dirinya secara informal sudah berkomunikasi dengan PKS. Mantan Gubernur DKI ini menyatakan dirinya siap dipinang partai mana saja, termasuk PKS. Untuk maju sebagai capres, Sutiyoso menyadari ia memerlukan “kereta politik”.
“Ya mempersilakan kita. Artinya kandidat lain juga dipersilakan. Jadi menunjukkan bahwa PKS menjadi partai terbuka, itu yang saya tangkap. Lalu menunjukkan saya juga ada peluang untuk digotong oleh PKS,” ujar Sutiyoso.

Meski siap dipinang PKS, Sutiyoso menyatakan tidak berarti ia menutup diri dari pinangan partai lainnya. Bagi Sutiyoso, semua parpol memiliki prioritas yang sama, mengingat kehidupan politik sangat dinamis.

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

http://pemilu-2009.infogue.com/
http://pemilu-2009.infogue.com/pks_buka_diri_usung_capres_dari_luar