Mustofa Ketua BPK Batam?

Akhirnya semua keragu-raguan itu terjawab sudah. Posisi Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Batam akan dijabat oleh Mustofa Widjaja, Ketua Otorita Batam saat ini. Kepastian itu disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Kawasan Ismeth Abdullah tadi pagi.

Walaupun masih tersisa waktu empat bulan lagi, namun DK sudah menyusun para personel yang akan duduk dalam struktur BPK Batam yang kemungkinan diumumkan sebelum 31 Desember 2008.

Lalu, siapa yang akan mengisi posisi Wakil Kepala? Nah untuk posisi ini ada dua kandidat, yaitu Asyari Abbas, Asisten I Pemerintahan Pemkot Batam dan Syamsul Bahrum, Asisten Ekbang Pemkot Batam.
Asyari diusulkan untuk mewakili Pemkot Batam dalam struktur BPK karena dia memiliki wawasan dan pengetahuan luas tentang otonomi daerah. Sehingga akan lebih klop, bila semangat FTZ yang dimiliki Mustofa bisa diimbangi dengan semangat otonomi versi Asyari sehingga diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Batam oleh BPK nantinya.

Tapi, Syamsul tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebagai Ketua Tim FTZ Pemkot Batam, dari awal abang berpeci itu sudah sangat bersemangat untuk duduk dalam struktur BPK. Emang sih, targetnya jadi Kepala, tapi sepertinya Pak Ketua DK kurang sreg. Mungkin karena Syamsul yang lulusan Queensland dianggap terlalu pinter, sehingga Ismeth khawatir nanti malah merepotkan pula..

Siapa yang akan dipilih oleh DK untuk posisi Wakil Kepala, mari kita menunggu sampai akhir tahun nanti. Tetap pilihannya tidak jauh dari dua orang tersebut.

Selanjutnya, setelah Wakil Kepala, dibawahnya akan diisi oleh 4 - 5 Deputi. Nah, posisi ini akan dibagi antara pejabat Otorita Batam dan Pemkot Batam. Jika formasinya 4 deputi, maka 3 dari OB, 1 dari Pemkot. Tapi kalau 5 deputi, maka 3 tetap dari OB, dan 2 dari Pemkot.
Tapi itu baru tebak-tebak buah manggis lho..karena Ketua DK belum merilis pejabat yang akan mengisi posisi deputi ini.
Ya perkiraannya sih, Deputi OB saat ini akan dipindahkan menjadi Deputi BPK, sedangkan pejabat eselon dua di Pemkot akan dikaryakan mengisi dua posisi deputi di badan pengusahaan.

Untuk mengetahui jawaban pasti, ya mari kita tunggu pengumuman dari Ketua DK..sekitar awal Desember 2008.

Tidak ada komentar: